Sabtu, 11 April 2009

Anda Tidak Lulus UN ?


Manajemen Tidak Lulus UN

(ditulis untuk membesarkan hati kalian anak- anak abi yang akan menghadapi UN, abi tidak mendo'akan kalian untuk tidak lulus, tapi abi hanya ingin memberikan payung kepada kalian sebelum hujan itu turun secara tiba- tiba)

Pendahuluan

Saat ini hal yang paling diinginkan bagi anak- anak kelas III seperti kalian adalah lulus dalam UN, UAS, dan Uji Produktif bukan? tidak perlu dijawab, abi sudah tahu jawabannya pasti "ya iyalah". anak- anak abi yang baik, lulus atau tidak lulus bergantung kepada banyak faktor yang menentukan, diantaranya faktor intern (dari dirimu sendiri) dan faktor ekstern (diluar dirimu). tapi yang paling banyak menentukan dari kedua faktor tersebut adalah faktor intern yaitu dari dirimu sendiri. coba lihatlah jauh kedalam dirimu itu, apakah benar lulus adalah keinginan terbesarmu saat ini? lalu coba lihat lagi sejauh mana usahamu untuk mewujudkan keinginan terbesarmu itu ? aha... jawabannya kalian belum melakukan apa- apa ternyata. tapi tenang, masih ada waktu beberapa hari lagi untuk kalian memperbaiki diri dan mengisi amunisi untuk menghadapi UN, UAS, dan Uji Praktek kedepan. Apa ? kalian masih malas untuk mempersiapkan diri? wah ... wah ... wah ... ini butuh terapi yang panjang rupanya ...

Ibda' binnafsik ( mulailah dari dirimu sendiri )

Hal ini memang rada sulit. memulai mendisiplinkan diri setelah lama sekali diri kalian biarkan berkelana sebebas- bebasnya mengikuti nyanyian irama hatinya yang tak bernada itu. tapi tenang, jika kalian bersungguh- sungguh berusaha, kemudian berdo'a kepada Allah pasti kalian berhasil. Allah SWT berfirman : ".... sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, hingga kaum itu merubahnya sendiri..." ini artinya apa? bahwa Allah akan melihat kesungguhan kalian dalam merubah diri menjadi lebih baik lagi. ketika kalian bersungguh- sungguh maka Allah pun akan memberikan kemudahan kepada kalian. tapi memang proses ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi ya dibutuhkan kesabaran yang banyak didalamnya. bukankah kesabaran itu tidak ada batasnya? coba miliki kesabaran yang tak terbatas itu? ketika kalian gagal maka terus ulangi lagi sembari terus berdo'a juga tentunya. selamat mencoba !

Manfaatkan Orang Tua, Guru, dan Teman kalian

Ketika kalian masih menghadapi kesulitan juga dalam mendisiplinkan diri sendiri, coba libatkan pihak- pihak lain, orang tua, Guru, atau teman kalian. ceritakan keinginan kalian itu kepada mereka, minta saran dan pendapatnya, dan  jangan lupa minta juga do'a mereka. setelah saran dan pendapat mereka kalian terima cobalah tampung dan praktekkan satu persatu, kemudian minta kembali saran dan pendapat mereka adakah perubahan ? semoga berhasil.

Takdir Baik & Takdir Buruk; datangnya dari ALLAH SWT.

Tidak Lulus (TL) mungkin bagi kalian adalah badai atau puting beliung. Abi sebut "badai" karena bahasa itulah yang paling tepat untuk ekspresi kalian ketika abi sebut- sebut kata TIDAK LULUS dihadapan kalian. coba deh kamu bayangkan satu menit saja bahwa kalian tidak lulus, abi jamin kalian akan menangis sesunggukkan. tapi bener gak sih tidak lulus itu adalah badai ? bukankah badai itu pasti berlalu? emang sih walaupun badainyan sudah berlalu pasti menyisakan kerusakan. 

gini deh, abi  mau tanya rukun iman yang ke- enam apa ya? ya betul ... rukun iman yang ke-enam adalah beriman kepada takdir Allah yang baik ataupun yang buruk semuanya itu datangnya dari Allah SWT. trus apa hubungannya tidak lulus dengan rukun iman ? ya jelas kerabat dekat atuh. rukun iman yang ke-enam adalah percaya bahwa ada takdir yang baik dan ada juga takdir yang buruk. jika kalian selalu berharap LULUS dan UN, UAS, dll, maka itu adalah takdir baik, dan takdir buruknya adalah sesuatu yang kalian sangat tidak harapkan yaitu TIDAK LULUS. " mudeng gak sih dengan penjelasan ini?" " ahhhh... tambah pusing? " 

Ok deh, intinya memang kalian semua berharap LULUS kan dalam ujian ini? sama, kita semua para guru juga selalu berdo'a mudah- mudahan kalian lulus semua. amiin. puas.... puas ... puas ...... ( ha.. ha...ha.. kaya tukul ja ). tapi sekali lagi jangan lupa ada takdir Allah yang lain. dan itu semuanya baik lho bagi kalian.

Tidak Lulus, No Problema

Aneh, tidak lulus kok no problema? ya iyalah ... kalau kalian mau menerapkan tips berikut ini:

  1. Yakini bahwa lulus atau tidak lulus adalah yang terbaik yang Allah berikan kepada kita.
  2. Terikan "anti mati gaya"; tidak lulus bukanlah dosa, tapi tidak lulus adalah gudang pahala, jika kalian bersabar menerima ketentuan Allah yang satu ini.
  3. Tanamkan dalam jiwa kalian :"sesuatu yang baik menurut kalian belum tentu baik dalam pandangan Allah, dan sesuatu yang buruk menurut kalian belum tentu buruk dalam pandangan Allah. (QS. 2:216)". so bersabarlah untuk menerima sesuatu yang lebih besar lagi.
  4. Lakukanlah; berbagai kegiatan positif yang dapat memperkaya keterampilan hidup kalian, mulai saat ini juga.
  5. Berkacalah kepada orang- orang sukses (dunia-akhirat lho), baca biografi mereka banyak keajaiban yang akan kalian temukan didalamnya.
  6. Berikan bukti kepada orang lain, bahwa kalian adalah bukan pecundang tapi kalian adalah pemenang, lakukan hal ini untuk memberikan bukti kepada orang- orang bahwa tidak lulus bukanlah kiamat dalam hidupmu. semangaaa....at 3x
  7. Dekatkan diri kepada Allah, jangan pernah menjauh darinya walaupun sesaat. poin ini memang berada di urutan terakhir tetapi harus dilakukan selalu lebih awal OK.
  8. Selamat mencoba! Allah memberkati kalian semua ....

1 komentar:

  1. Terima kasih tulisannya mas. Bagus sekali

    Omjay
    Penulis buku best seller ptk
    http://wijayalabs.wordpress.com

    BalasHapus