Rabu, 01 April 2009

Embun Kehidupan

Keutamaan Kesederhanaan Hidup

Dikutip dari buku "Syarah Riyadhus Sholihin oleh Syeikh Salim bin 'Ied Al- Hilali, (edisi terjemah), Pustaka Imam Syafi'i, hal. 326-327 

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha dia berkata :"Keluarga Muhammad saw tidak pernah kenyang dari roti gandum dalam waktu dua hari berturut- turut sampai beliau wafat." (Muttafa 'alaih)

Dan dalam riwayat lain disebutkan :"Sejak menetap di Madinah, keluarga Muhammad saw tidak pernah kenyang oleh makanan yang terbuat dari gandum dalam waktu tiga malam berturut- turut sampai beliau meninggal dunia."

Kandungan Hadits

  1. Rasulullah saw dan keluarga berpaling dari (kesenangan) terhadap dunia serta kezuhudan   beliau darinya.
  2. Diperbolehkan meninggalkan makanan dengan tujuan berzuhud tanpa harus mengakibatkan hal buruk pada fisik atau keluar dari rel syari'at.
  3. Perintah untuk tidak kenyang ketika makan, karena kenyang itu dapat mengakibatkan kebodohan dan suka tidur. ada juga  yang mengatakan kenyang dapat menghilangkan kecerdasan, dan bisa juga menghilangkan banyak ketaatan.

Bertanyalah kepada diri kita masing- masing :"Sudahah kita bersyukur dengan apa yang kita miliki dan nikmati dalam hidup ini?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar