Rabu, 18 Maret 2009

Renungan


Renungkanlah Walau Sejenak

(dikutip dari buku :"Cara Mudah Mengurus Jenajah", Pustaka at- Tazkiah, hal. 114-120)

Saudaraku semuslim, pernahkah anda berfikir sejenak? Panas api dunia dapat melembutkan besi dan melelehkan batu. Maka bagaimana dengan api akhirat, yang panasnya lebih mencapai 69 kali lipat. Bagimana pula dengan api Jahannam? kita mohon keselamatan dari Allah SWT.

Saudaraku tercinta, tanyalah pada dirimu:

Sanggupkah engkau memegang bara dengan tanganmu?

Sanggupkah engkau masuk kedalamkobaran api sesaat saja?

Sanggupkah engkau minum air yang menggelegak?

Sesungguhnya itu hanyalah api dunia! sehingga, para sahabat berkata:"panas api dunia saja sudah cukup wahai Rasulullah! Sungguh itu merupakan ajakan kepada muhasabah. mengevaluasi diri agar selamat dari adzab jahannam.

Pernahkah engkau berfikir dengan sungguh- sungguh dan jujur tentang cara menyelamatkan diri dari lembah jahannam, mulai dari rantai dan belenggu jahannam maupun dari hembusan panasnya. Allah SWT berfirman:

"dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang- orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam Neraka Jahannam. Muka mereka dibakar api naar, dan mereka didalam naar itu dalam keadaan cacat. bukankah ayat- ayat-Ku telah dibacakan kepadamu sekalian, tetapi kamu selalu mendustakannhya? mereka berkata :"Ya Rabb kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang- orang yang tersesat. Ya Robb kami, keluarkanlah kami dari padanya (dan kembalikannlah kami kedunia), maka jika kami kembali (juga pada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang- orang yang zhalim. Tinggalah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan aku." (Al- Mu'minun:103-108)

"Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Rabbnya dalam keadaan berdosa, maka sesungguhnya baginya Neraka Jahannam. ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup." (Thaha:74)

"dan orang- orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga- penjaga Neraka Jahannam:"mohonkanlah pada Rabbmu supaya dia meringankan adzab dari kami barang sehari." (Al- Mu'min:49)

"Sesungguhnya pohon zaqum itu, makanan orang yang banyak berdosa, (ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas. peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah- tengah neraka. Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (dari) air yang panas. Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia. Sesungguhnya ini adalah adzab yang dahulu kamu selalu meragu- ragukannya." (Ad- Dukhan:43-50)

"Setiap kali kulit mereka hangus, kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab." (An- Nisa:56)

"(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) kami bertanya kepada Jahnnam :" Apakah kamu sudah penuh" dia menjawab :"Masih adakah tambahan?" (Qaaf:30)

Abdullah bin Mas'ud ra meriwayatkan sabda Rasulullah saw:

"Dibawah Neraka Jahannam pada hari itu dengan 70 ribu kekang dan setiap tali kekang ditarik oleh 70 ribu Malaikat. (HR. Muslim No.2842)

Nu'man bin Basyir ra meriwayatkan sabda Rasulullah saw :

"Sesungguhnya adzab penduduk neraka yang paling ringan adalah adzab seorang lelaki yang diletakkan pada kedua tapak kakinya bara api sehingga menggelegak otaknya. tidak terlihat seorang pun yang menjalani adzab yang lebih ringan daripadanya. dan sesungguhnya ia adalah yang paling ringan adzabnya." (HR. Al- Bukhari No. 6561 dan Muslim No. 213)

Sesungguhnya Jahannam itu adalah neraka yang menyala- nyala! sesungguhnya saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan penghuninya selamat! sesungguhnya ia adalah ancaman terhadap manusia! ia adalah tempat tinggal orang yang sombong, zhalim, jahat, khianat suka mengolok- olok, fasik, durhaka, berdosa, mendustakan, lingkar, kafir dan pendosa.

Itulah neraka tempat kemarahan Allah SWT yang Maha Perkasa. Minuman penduduknya adalah hamim, makanannya adalah zaqqum, busananya tembaga cair, rantainya besi, bahan bakarnya manusia dan bebatuan, angan- angan penduduknya adalah kematian, bunga apinya sebesar dan setinggi istana, pintunya ada tujuh dan hati penjaganya lebih keras daripada batu.

Sesungguhnya neraka itu hitam dan gelap, suram dan buas, adzabnya sangat pedih, dan lubangnya sangat dalam! Neraka memiliki tujuh tingkat: Jahnnam, Lazha, Hutamah, Sa'ir, Saqar, Jahim, dan Hawiyah.

Saudaraku, jalan pintas dan paling mudah menyelamatkan diri dari adzab neraka adalah bertaubat dan kembali kepada Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. Allah berfirman :

"Katakanlah :"hai hamba- hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa- dosa semuanya. Sesungguhynya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. dan kembalilah kamu kepada Rabbmu, dan berserah dirilah kekapada-Nya." (Az- Zumar: 53-54)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar